Selasa, 04 Oktober 2011

Organisasi dan Arsitektur Komputer

Pendahuluan
Desain komputer adalah seni menghasilkan komputer menurut spesifIkasi biaya dan kinerja yang berdaya saing. Arsitektur komputer adalah seni membuat spesifikasi teknologi yang berlaku sepanjang beberapa generasi. Arsitektur computer harus melihat perkembangan untuk masa kedepan dan memvisualisasikan dengan teknologi masa depan, agar dapat menciptakan mesin atau computer yang dapat mengikuti perubaahan teknologi dengan baik. Maka arsitektur computer akan berkembang dengan perlahan dan dengan tersusun yang rapi, yang kemudian akan terbentuk pada beberapa tahun kemudian.
Evolusi Arsitektur
Computer adalah alat bantu untuk penghitungan yang kompleks. Computer selalu berkembang dari tahun ke tahun atau mengalami perubahan (evolusi). Dari computer generasi pertama yang masih menggunakan tiub vakum. Yang ukurannya masih sangat besar dan ketidaktepatannya dalam memproses data,maka computer di kembangkan lagi pada tahun 1959 – 1964 (computer generasi kedua). Pada generasi kedua ini computer menggunakan transistor, karena transistor mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan tiub vakum. Pada computer generasi kedua ini bahasa yang digunakan adalah bahasa perhimpunan atau singkatan huruf yang dipanggil mnemonics. Dan bahasa yang dipakai pada computer generasi kedua tidak begitu dimengerti oleh mesin, maka para arsitektur computer merancang computer dengan spesifik dan mudah dimengerti oleh mesin. Pada tahun 1965 – 1970 (computer generasi ketiga) muncullah IC (integrated circuit). IC adalah satu rangkaian litar elektronik yang lengkap dalam satu cip silikon yang kecil. IC mulai digunakan pada tahun 1965 dan IC ini dapat menggantikan satu papan litar yang penuh dengan transistor-transistor. Dan pada tahun 1970 – sekarang (computer generasi keempat) muncul suatu mikroprosesor. Mikroprosesor merupakan evolusi dari cip IC, dimana mikroprosesor merupakan rangkaian–rangkaian IC didalam cip silicon yang kecil. Oleh karena itu, komputer masa kini adalah 100 kali ganda lebih kecil daripada komputer generasi pertama, dan satu cip pemproses mikro adalah lebih berpotensi dan lebih hebat daripada sebuah computer ENIAC (komputer komersil pertama). Pemproses mikro adalah asas bagi pembinaan dan rekabentuk komputer masa kini.
Klasifikasi Arsitektur
Mesin Von neuman :
1. Mempunyai subsistem hardware dasar yaitu sebuah CPU, sebuah memori dan sebuah I/O system.
2. Merupakan stored-program computer.
3. Menjalankan instruksi secara berurutan.
4. Mempunyai jalur (path) bus antara memori dan CPU.
Mesin Non-Von Neumann :
Pada tahun 1966, Flyyn mengklasifikasikan arsitektur komputer berdasarkan sifatnya yaitu :
1. Jumlah prosesor.
2. Jumlah program yang dapat dijalankan.
3. Struktur memori.
Kualitas Arsitektur Komputer
Kualitas arsitektur computer tidak mudah diukur, karena suatu arsitektur yang baik untuk satu aplikasi mungkin saja belum baik untuk aplikasi yang lain dan juga sebaliknya. Maka Ada enam atribut mutu arsitektur.
1. Generalitas
Adalah ukuran besarnya jangkauan aplikasi yang bias cocok dengan arsitektur. Contoh : computer yang terutama digunakan untuk aplikasi ilmiah dan teknik menggunakan aritmetik dan computer yang digunakan untuk aplikasi bisnis dengan menggunakan aritmetik decimal. Didtem umum memnerikan dua jenis aritmetik.
2. Daya terap (applicability)
adalah pemanfaatan arsitektur untuk penggunaan yang telah direncanakannya. Computer yang dirancang untuk satu dari dua area aplikasi utama. Contohnya : aplikasi ilmiah dan teknis dan aplikasi komersil biasa.
3. Efisiensi
Adalah ukuran rata-rata jumlah hardware dalam computer yang selalu sibuk selama penggunaannya biasa. Arsitektur yang efisien memungkinkan namun tidak memungkinkan terjadinya implementasi yang efisien.
4. Kemudahan penggunaan arsitektur
Adalah ukuran kesederhanan bagi programmer untuk mengembangkan atau membuat software untuk arsitektur tersebut.
5. Daya terap arsitektur
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk mengimplementasikan computer dalam jangkauan yang luas. Lebih spesifik arsitekturnya maka akan lebih sulit lagi untuk membuat mesin yang berbeda ukurannya dan kinerjanya.
6. Daya kembang (expandability)
adalah ukuran kemudahan bagi perancang untuk meningkatkan kemampuan arsitekturnya.
Factor Keberhasilan
Ada empat ukuran pokok yang menentukan keberhasilan arsitektur, yaitu manfaat arsitekturalnya (architectural merit) :
1. Daya terap, Sebaiknya arsitektur ditujukan untuk aplikasi yang telah ditentukan.
2. Daya tempa, Bila arsitektur lebih mudah membangun sistem yang kecil, maka ia akan lebih baile.
3. Daya kembang, Lebih besar daya kembang arsitektur dalam daya komputasi, ukuran memori, kapasitas I/O, dan jumlah prosesor, maka ia kan lebih baile.
4. Kompatibilitas (daya serasi-pasang).
Struktur Dasar Komputer dan Organisasi Komputer
1. Unit Masukan (Input Unit)
Berfungsi untuk menerima masukan (input) kemudian membacanya dan diteruskan ke memori/penyimpanan.
2. Unit Kontrol (Control Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan tugas pengawasan dan pengendalian seluruh system computer.
3. Unit logika dan Aritmatika (arithmetic and Logic Unit)
Berfungsi untuk melaksanakan perhitungan atau aritmatika dan logika. Dapat juga berfungsi sebagai penyatuan data, pemindahan data, pemilihan data dan membandingkan data, sehingga ALU juga merupakan bagian inti dari suatu system computer.
4. Uniit Memori/Penyimpanan (Memory/Storage Unit)
Berfungsi untuk menampung data atau program yang diterima dari unit masukan sebelum diproses oleh CPU dan juga menerima data setelah diproses oleh CPU yang selanjutnya diteruskan ke unit keluaran.
5. Unit Keluaran (Output Unit)
Berfungsi untuk menrima hasil pengolahan data dari CPU melalui memori.



Referensi :
http://www.scribd.com/doc/53542990/ARSITEKTUR-EVOLUSI-KOMPUTER
http://liffanza.wordpress.com/2011/04/21/evolusi-dan-kinerja-komputer/
http://www.scribd.com/doc/53542990/ARSITEKTUR-EVOLUSI-KOMPUTER
http://rikyaldriasblogspotcom.blogspot.com/2010/11/faktor-yang-mempengaruhi-keberhasilan.html
http://radmarssy.wordpress.com/2007/02/07/struktur-dasar-komputer/
http://nextlevel.com.sg/article/191

1 komentar: