Minggu, 15 Mei 2011

Pemrograman Berorientasi objek

1. Apa itu PBO
Pemrograman berorientasi objek (Inggris: object-oriented programming disingkat OOP) merupakan paradigma pemrograman yang berorientasikan kepada objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas-kelas atau objek-objek. Bandingkan dengan logika pemrograman terstruktur. Setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.
Model data berorientasi objek dikatakan dapat memberi fleksibilitas yang lebih, kemudahan mengubah program, dan digunakan luas dalam teknik piranti lunak skala besar. Lebih jauh lagi, pendukung OOP mengklaim bahwa OOP lebih mudah dipelajari bagi pemula dibanding dengan pendekatan sebelumnya, dan pendekatan OOP lebih mudah dikembangkan dan dirawat.

2. Konstruktur dan Destruktur
*. Konstruktur adalah fungsi khusus anggota kelas yang otomatis dijalankan pada saat penciptaan objek (mendeklarasikan instancea). Konstruktur ditandai dengan namanya, yaitu sama dengan nama kelas. Konstruktur tidak mempunyai tipe hasil (return value). Biasanya konstruktur dipakai untuk inisialisai anggota data dan melakukan alokasi memori secara dinamis. Meskipun konstruktot tidak harus ada dalam kelas, tetappi jika diperlukan konstruktor dapat lebih dari satu.
Konstruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sam dengan nama kelas. Kegunaannya :
1. Mengalokasikan ruang bagi sebuah objek
2. Memberkan nilai awal terhadap anggota data suatu objek
3. Membentuk tugas-tugas lainnya
contoh:


*. Destruktur adalah pasangan konstruktur. Pada saat program membuat objek maka secara otomatis konstruktor akan dijalankan, yang biasanya dimaksudkan nuntuk memberi nilai awal variabel private. Sejalan dengan itu, C++ menyediakan fungsi destruktor (penghancur atau pelenyap) yang secara otomatis akan dijalankan pada saat berakhirnya objek. Setiap kelas mempunyai tepat satu destruktor. Jika kita mendeklarasian sebuah destruktor dalam sebuah kelas, maka destruktor akan deciptakan sendiri oleh compiler C++. Fungsi destruktor itu sendiri adalah untuk mendealokasikan memori dinamis yang diciptakan konstruktor. Destruktor adalah fungsi anggota yang mempunyai nama yang sama dengan nama kelas ditambah symbol tilde (~) didepannya.
contoh :



reference : http://id.wikipedia.org/wiki/Pemrograman_berorientasi_objek

Tidak ada komentar:

Posting Komentar